Thursday, May 31, 2012

Orang Pintar Tidak Merokok



Siapa yang ga setuju dengan judul postingan kali ini? Hmmm...
Tulisan kali ini terinspirasi saat saya berangkat kerja mendapati beberapa ibu-ibu asik berkumpul. Bukan membahas mau masak apa hari ini, melainkan sedang asik mengepulkan asap rokok. Jleb! Mau jadi apa lingkungan saya kalau para ibu tingkah polahnya sudah seperi itu. Sejujurnya dari sudut pandang saya tidak terlalu masalah sih, Hanya menyatangkan saja ternyata budaya merokok di kalangan kaum perempuan sudah sebegitu maraknya. Tidak ada lagi jaim atau malu dan takut jadi omongan tetangga. Lha wong sekarang sambil gosip ya merokok.

Bagaimana pikiran anak mereka ya melihat ibunya begitu? Malu, kasihan, atau malah jadi ikutan? Orang tua seperti ini tidak selayaknya melarang anaknya merokok kalau begitu.

Saya sendiri tidak hidup di kalangan perokok. Di rumah, bapak bukan perokok. Apalagi ibu. Dulu mbah kakung merokok sih, namun sejak penyakit makin parah dan semakin tambah tua, mbah kakung berhenti. Itu di rumah. Kalau di kampus ya banyak teman-teman perokok. Saya ga terlalu ambil pusing berteman dengan perokok asal mereka tahu adat dan sopan santun di mana dan bagaimana harus merokok. Malah ada teman saya, berjilbab, doyan ngelepus juga. Hehehehe. Semua itu kembali ke diri masing-masing sih. Cuma ga habis pikir aja, apa dengan merokok segitunya bisa menenangkan diri kita? kenapa ga curhat sama Tuhan saja? Kenapa malah merokok? Bukankah rokok lebih banyak mudharatnya dibanding manfaatnya? Kenapa pengemis ga punya uang untuk beli makan tapi selalu sempat menyisihkan uang untuk beli rokok? Di mana logika itu?

Banyak menguras tanda tanya kalau kita membahas soal rokok. Meski saya tidak tahu rasanya bagaimana, rasanya ga bijak saja kalau rokok dibilang bagian dari gaya hidup. Well, sekali lagi, kembali ke pemikiran masing-masing aih.

Sebenernya, tanpa rokok, hidup kita pasti bisa jauh lebih baik dan sehat. Gak percaya? Kurangi rokok dan belajar berhenti merokok dari sekarang!

Best regards,
SR

4 comments:

Razqa Milza Danendra said...

ngomong gampang, tapi mulut kan asem seeeeeeel #mad

selebvi said...

yah kan seperti yang udah aku tulis di atas puh
gak ada masalah cuma gak habis pikir aja
:))

Hana Nuraini said...

saya paling risih liat perempuan, apalagi ibu-ibu merokok...haduuh liatnya gimanaa gitu ya, ga anggun dan ga keibuan banget T_T

selebvi said...

merokok kan menyebabkan gangguan janin mbak kok ya masih aja ada yg ibu yang berani merokok

tapi sekarang sepertinya perempuan merokok itu sudah menjadi hal yang biasa

sangat disayangkan